Taman Tirta Gangga

Taman Tirta Gangga merupakan satu kompleks pertamanan yang amat indah. Keberadaannya menyerminkan pola budaya keraton dan masyarakat yang memaknai air sebagai sesuatu yang amat penting bagi kehidupan. Hal itu diperkuat dari namanya. Dalam bahasa Bali berarti air, dan gangga berarti sungai Gangga, sungai yang terdapat di India dan dianggap suci oleh umat Hindu di seluruh dunia.

Dalam komplek Taman Tirta Gangga terdapat tempat suci, mata air, bangunan pelindung mata air, menara air, aneka ragam bentuk kolam besar dan kecil, pancuran, kolam ikan hias, aneka tanaman dan bunga-bungaan.

Taman Tirta Gangga merupakan warisan taman dan arsitektur mendiang Raja Karangasem yang terakhir, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem kepada kesepuluh putra laki-laki beliau. Tamn tersebut menjadi milik bersama yang kemudian sejak tahun 1981 pengelolaannya diserahkan kepada Dr. Anak Agung Made Djelantik.

Taman Tirta Gangga terletak di pinggir jalan raya jurusan Amlapura. Lokasi obyek wisata ini berada pada satu jaringan obyek yang berdekatan dengan Puri Karangasem, Taman Ujung Karangasem, sekitar 83 kilometer ke arah timur kota Denpasar. Atau sekitar 2,5 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor dari Kuta. (jjb)



Artikel Terkait:

0 komentar:

 
Copyright © 2012-2016 Wisata di Bali | Didukung oleh Blogger | Desain dan Maintenance oleh IGde Darsana