Batur Natural Hot Spring

Obyek wisata Kintamani di Kabupaten Bangli, Bali kini mulai menata prasarana bagi turis. Salah satunya, warga adat setempat membuat dan mengelola kolam renang natural hot spring.

Baru sepuluh bulan terakhir ini, Desa Pekraman Batur, Kintamani mengelola sebuah spot natural hotspring. Diberi nama Batur Natural Hot Spring, berlokasi seputar kaki Gunung Batur, sekitar satu setengah jam dari Kota Denpasar.

Terdapat dua kolam renang untuk dua harga kelas berbeda. Secara fisik, tak ada perbedaan mencolok pada ukuran atau kualitas air. Keduanya terlihat sama.

Pemandangan Danau Batur terhampar di depan kolam renang. Sejumlah orang terlihat memancing di sisi danau. Di seputar area ini banyak keramba apung tempat mengembangbiakkan ikan mujair. Tak heran, salah satu hidangan paling populer di kawasan ini adalah ikan mujair.

Pengelola juga menyediakan sejumlah menu makanan yang bisa dimakan ketika berenang. Beberapa bale (tempat duduk lesehan) peristirahatan juga disediakan di seputar kolam renang.

Di sisi kiri kolam renang, ada fasilitas air pancuran dan telaga kecil untuk siapa saja yang ingin menikmati air hangat dengan harga murah. Sebuah kotak sumbangan dan seorang penjaga terlihat menjaga pintu masuk.

Spot ini menambah varian wisata alam selain mendaki Gunung Batur dan trekking pesisir Danau Batur. Bahkan kolam renang air panas ini menyempurnakan misi petualangan alam, untuk memulihkan kembali fisik setelah trekking atau hiking.

Air hangat dengan suhu sekitar 40 derajat celcius dan zat belerang di kolam renang ini diperoleh secara alami bersumber dari batuan vulkanis Gunung Batur.

Dari bak penampungan ini, air panas dialirikan melalui pipa-pipa kecil untuk dijadikan air mancur untuk pemandian umum warga.

Sementara air di kolam renang dipasok langsung dari bak penampungan yang dibangun di tiap sisi kolam renang.

Di kawasan Kintamani ini, terdapat banyak sumber-sumber air panas yang diciptakan dampak dari pegunungan vulkanis Batur. Sejumlah hotel juga mulai memanfaatkan untuk sauna atau kolam renang.



Artikel Terkait:

1 komentar:

Yoga mengatakan...

Ayo,,,maju Bali, tunjukkan potensimu...

 
Copyright © 2012-2016 Wisata di Bali | Didukung oleh Blogger | Desain dan Maintenance oleh IGde Darsana