Pantai Sanur

Pantai Sanur adalah salah satu pantai yang menarik di pulau Bali. Letaknya 6 kilometer dari pusat kota Denpasar. Kalau dari Kuta, jaraknya sekitar 15 km ke arah timur. Pantai berpasir putih dan lembut ini terbentang sepanjang tiga kilometer dari utara ke selatan dengan garis pantai menghadap ke timur. Karena itulah gerakan matahari terbit terlihat dengan jelas dari pantai ini.

Kawasan pantai Sanur merupakan alternatif bagi para wisatawan yang kurang menyukai suasana hiruk semacam Kuta, Legian dan Seminyak. Di Sanur, ketenangan dan kenyamanan jauh lebih terasa. Namun, dibandingkan dengan Kuta, tarif hotel di kawasan Sanur umumnya relatif lebih mahal.

Kawasan Sanur sendiri mulai dikenal sebagai kawasan wisata Bali sejak berdirinya hotel Bali Beach (sekarang Inna Grand Bali Beach). Inilah hotel besar pertama di Bali. Sejak saat itu, pantai Sanur semakin ramai di kunjungi oleh wisatawan. Sekarang, pantai Sanur menjadi kawasan rekreasi bukan hanya bagi wisatawan, tetapi juga bagi penduduk Denpasar terutama di hari Minggu atau hari-hari libur lainnya.

Pantainya yang bersih dan ombaknya yang berdebur jauh di tengah, membuat pantai Sanur menjadi tempat yang menyenangkan untuk berenang, bermain kano, atau snorkeling. Tidak perlu mahir berenang, Anda bisa nyempung ke air laut yang menjangkau bibir pantai. Soalnya, kedalamannya cuma setinggi dada orang dewasa. Tapi kalau tetap khawatir, Anda bisa menyewa pelampung yang disediakan di tepi pantai dengan tarif Rp. 5.000.

Jika ingin bermain kano, Anda juga dapat menyewanya di tepi pantai. Tarif sewanya Rp. 10.000. Begitu juga peralatan snorkeling dengan tarif sewa sebesar Rp. 25.000.

Kawasan Sanur dapat dicapai dengan mudah dengan kendaraan apa pun. Dari Kuta Anda dapat menjangkaunya melalui jalan by pass yang lebar dan mulus. Pantai Sanur sendiri merupakan tempat keberangkatan dan kedatangan jika Anda mau berwisata ke Nusa Penida.

Dibanding Kuta, di kawasan Sanur terdapat lebih banyak hotel berbintang yang memiliki fasilitas lengkap. Bahkan, sebagian dari hotel mewah tersebut “memiliki” private beach di area belakang. Selain hotel, di Sanur juga terdapat banyak villa dan resort dengan suasana yang sangat tenang dan nyaman. Tentu dengan harga yang menawan juga.

Di sekeliling kawasan, banyak berderet kios yang menjual barang kerajinan seperti baju, kain, kalung, gelang, sandal, topi dan pernak-pernik lainnya. Harganya nggak terlalu mahal.

Di Sanur terdapat banyak kafe dan restoran yang menawarkan berbagai macam menu dengan cita rasanya masing-masing. Berbagai restoran cepat saji juga terdapat di sini.

Seperti di Kuta, di kawasan Sanur juga terdapat banyak tempat penyewaan kendaraan dari mobil, motor hingga sepeda, dengan tarif yang hampir sama dengan yang berlaku di Kuta. (jjb)



Artikel Terkait:

0 komentar:

 
Copyright © 2012-2016 Wisata di Bali | Didukung oleh Blogger | Desain dan Maintenance oleh IGde Darsana