Pura Candi Gunung Kawi

Pura Candi Gunung Kawi, merupakan sebuah monumen kuno yang diperkirakan dibuat pada abad ke XI. Pura ini terletak di desa Tampaksiring, di persimpangan jalan menuju Pura Tirta Empul. Dari persimpangan tersebut, berbeloklah ke arah timur dan berhentilah di sebuah areal parkir. Dari situ Anda harus berjalan kaki menuruni melalui jalan kecil menuju sungai Pakerisan. Jaraknya sekitar 700 meter dari areal parkir. Dengan langkah normal, Anda hanya perlu sekitar 25 menit menuju lokasi.

Sebelum sampai ke kompleks candi tersebut, Anda akan melewati sebuah gapura berbentuk trowongan. Gapura tersebut bukanlah berupa bangunan yang tersusun, melainkan sebuah tebing cadas yang dilubangi. Setelah melewati gerbang, barulah kita bertemu dengan dua kelompok candi yang dipahatkan pada tebing batu padas. Deretan candi-candi tersebut terletak di bagian barat dan timur sungai Pakerisan. Bangunan yang relief tersebut merupakan makam dari raja adik Anak Wungsu, penguasa Bali yang merupakan adik dari raja Airlangga yang berkuasa di Jawa Timur.

Candi yang paling kanan pada makam ke-sepuluh, oleh para ahli purkala, dianggap sebagai makam perdana menteri karena di situ bertuliskan kata rakryan yang berarti menteri. Sedangkan penduduk setempat menganggapnya sebagai rumah pendeta yang mengabdi raja pada zaman itu.

Kompleks Candi Gunung Kawi berada sekitar 40 kilometer dari Denpasar. Anda dapat menemukannya dengan mudah karena letaknya tak jauh dari jalan utama menuju kawasan Tampaksiring. (jjb)



Artikel Terkait:

0 komentar:

 
Copyright © 2012-2016 Wisata di Bali | Didukung oleh Blogger | Desain dan Maintenance oleh IGde Darsana