Danau Batur

Danau Batur terletak di kaki gunung Batur dan diyakini merupakan sebuah kaldera purba. Kaldera atau kawah raksasa itu diduga terjadi akibat letusan dahsyat gunung Batur ribuan tahun yang lalu. Kaldera itu kini digenangi air yang menjadi sumber air dari sebagian besar lahan pertanian di Bali. Air dari danau ini mengalir ke hampir seluruh sungai besar di Bali seperti sungai Unda di Bali Selatan, sungai Suni di Bali Barat, dan sungai Bayumala di Bali Utara. Dari aliran sungai itulah air Danau Batur kemudian dibagi-bagi dengan tata aturan/organisasi khusus yang disebut subak.

Di pinggir danau ini berdiri Pura Batur sebagai tempat pemujaan Betari Danu, yakni manifestasi Tuhan dalam fungsinya sebagai dewi pelindung pertanian. Dewi Danulah ibu pelindung dari seluruh aktivitas pertanian di Bali.

Pesona wisata Danau Batur tentulah pada pemandangannya yang indah. Kalau Anda ingin menikmati pemandangan indah itu, tempat terbaiknya adalah di daerah Panelokan-Kintamani. Dari trotoar di pinggir jalan raya Bangli-Singaraja, Anda dapat melihat hamparan danau dengan airnya yang biru lembut berpadu sosok Gunung Batur yang kokoh menjulang, dan Bukit Abang yang hijau subur.

Akses jalan menuju Danau Batur sama dengan jalan yang menuju gunung Batur yang letaknya sekitar 75 kilometer di utara Denpasar. Jika Anda berangkat dari Kuta, perjalanan Anda akan memakan waktu sekitar dua jam perjalanan. (jjb)


Artikel Terkait:

0 komentar:

 
Copyright © 2012-2016 Wisata di Bali | Didukung oleh Blogger | Desain dan Maintenance oleh IGde Darsana